Kylian Mbappe Ambisi Tampil Di Olimpiade 2024 Paris

By ommed


nusakini.com - Bintang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe telah mengutarkan minatnya untuk bermain di Olimpiade 2024 yang menurut rencana bakal digelar di Paris.

Mbappe merupakan pemenang Piala Dunia, setelah membantu Prancis keluar sebagai juara di Rusia tiga tahun lalu.

Dan ia sekarang menyasar emas Olimpiade, menegaskan bahwa ia tidak bisa melewatkan kesempatan untuk memperkuat negaranya di kompetisi “unik”.


“Saat menonton Olimpiade 2012 di London itulah saya menyadari betapa pentingnya kompetisi global itu,” kata Mbappe kepada L’Equipe. “Kompetisi itu merupakan ‘benchmark’ untuk olahraga, panggung akbar untuk semua olahragawan di dunia yang ingin bersaing dan merasakan itu setidaknya sekali dalam hidup.

“Itu adalah saat di mana Anda bisa menyenangkan banyak orang, menyampaikan emosi dan merasakannya sebagai balasannya. Berada di Kampung Olimpiade, memberi, menerima, adalah pengalaman unik.”

Mbappe kemudian menjelaskan tentang bagaimana Olimpiade 2012 di London menginspirasi mimpinya untuk tampil memperkuat Prancis di ajang olahraga terbesar dunia.

“Saya waktu itu masih 13 tahun, saya masih sangat muda. Saya ingat beberapa jam jelang beberapa kompetisi di London, saya merasa tidak sabar untuk menyaksikan tiap pertandingan basket tim Amerika, bersama LeBron [James], Kobe [Bryant]. Saya juga ingin menyaksikan bagaimana Usain Bolt menarik kita ke lintasan atletik, 100m, 200m,” tambahnya.

“Saya mengikuti banyak olahraga lain, tentu saja sepakbola dengan Brasil-nya Neymar yang dikalahkan oleh Meksiko di final, dan Ney jelas kecewa, mengatakan bahwa ia ingin memenanginya empat tahun kemudian di Rio, di negaranya.

“Itulah ketika saya bilang ke diri sendiri, saya juga ingin berpartisipasi. Saya ingin merasakan turnamen di Paris. Keinginan saya begitu kuat, seolah-lah saya ditakdirkan untuk ikut ambil bagian dalam perayaan besar itu di kota saya, di negara saya, seratus tahun setelah kompetisi terakhir di Prancis.

“Itu adalah mimpi masa kecil. Saya bermimpi untuk menyaksikan olahraga lain yang jarang kita saksikan: judo, handball, basket wanita, basket 3x3, voli, kano bahkan skateboard!”


PSG menolak untuk melepas Mbappe ke Olimpiade 2020 yang tertunda di Tokyo, bersama dengan duo Brasil Neymar dan Marquinhos, karena dikhawatirkan akan mengganggu persiapan pramusim menyusul partisipasinya di Euro 2020 pada awal musim panas.

“Pada 2020, untuk Olimpiade Tokyo, saya ingin berpartisipasi, itu adalah tujuan saya tetapi mereka [PSG] dengan cepat menarik permadani dari bawah kaki saya,” demikian Mbappe.

"Ketika Anda melihat apa yang telah berhasil dilakukan tim Prancis. Kami menang dalam bola voli, olahraga tangan, kami adalah finalis bola basket melawan Amerika Serikat. Mereka menyasar emas dan mengharumkan nama Prancis. Saya berharap untuk merasakannya dan melakukan hal yang sama pada 2024, dengan tim yang akan menyatukan para pemain terbaik saat ini.

"Olimpiade ini akan diadakan di Prancis, itu adalah turnamen setelah 100 tahun di Paris. Ini memang bukan kompetisi terbesar dalam sepakbola, tetapi Anda harus memainkan Olimpiade dalam karier Anda. Ini adalah sesuatu yang tidak pernah terdengar ketika Anda jatuh cinta dengan olahraga." (gi/om)